(0381) 21642
info@manende.sch.id, crewmanende@gmail.com

Berita

Madrasah Aliyah Negeri Ende

  • Dewan Kerja Beri Ilmu ke Junior
16,
Dewan Kerja Beri Ilmu ke Junior

Anggota dewan kerja Gudep Ali bin Abi Thalib dan Fatimah Azzahra kembali melakukan latihan rutin di lapangan MAN Ende, Jumat (16/11/2018).
Latihan yang berfokus pada tali temali merupakan tugas awal anggota dewan kerja setelah dilantik di bumi perkemahan Lokoboko beberapa waktu lalu.
Linda,  salah satu anggota Gugus Depan MAN Ende terlihat serius memperagakan ilmunya kepada adik-adik junior dalam merakit tandu khas pramuka dari tongkat dan tali pramuka.
Sehari sebelumnya diketahui anggota dewan kerja Gudep diberi materi penguatan oleh Pembina.
"Kemarin kami diajarkan lagi cara-cara membuat tandu, hari ini kami siap praktek ke adik-adik," ujar remaja 17 tahun percaya diri.
Ia mengungkapkan bekal yang diperoleh selama perkemahan gudep dapat ia aplikasikan selain di lapangan juga untuk mengajarkan lagi pada juniornya.
"Waktu kemah kami mendapat materi tentang aplikasi ketika di lapangan sehingga hari ini saya bisa berbagi dengan yang lain," terangnya.
Peserta yang mengikuti latihan terlihat sangat antusias. Rata-rata anggota yang terbagi menjadi beberapa kelompok menyiapkan bahan-bahan untuk membuat tandu seperti tongkat dan tali pramuka. 
Maful Musa, pembina Gudep berharap dengan adanya latihan mampu memberi kemampuan dasar kepramukaan bagi para anggota Gudep agar dapat diaplikasikan saat kondisi membutuhkan.
“Ini salah satu materi dasar yang harus dikuasai anggota pramuka, karena materi ini harus dipraktekkan saat kondisi mendesak seperti pada saat mencari jejak mapun saat perkemahan,” terangnya.
Latihan serupa akan terus digelar setiap minggunya agar menghasilkan anggota pramuka yang handal dan taktis serta memiliki kemampuan untuk bekerja sama dalam tim.
“Setia minggu insyaAllah akan kita laksanakan latihan seperti ini agar menghasilkan anggota Gudep yang andal, taktis dan memiliki kekeompakkan bekerja dalam tim,” tutupnya.

**Inmas MAN Ende

Tinggalkan Komentar