(0381) 21642
info@manende.sch.id, crewmanende@gmail.com

Berita

Madrasah Aliyah Negeri Ende

  • Agar Ibadah Tidak Sia-sia, Muhajir Ingatkan Jamaah
16,
Agar Ibadah Tidak Sia-sia, Muhajir Ingatkan Jamaah

MAN Ende (Inmas) - Muhajir Musa, khatib pada shalat Jumat (12/01/2018) di Masjid Ulul Albab MAN Ende mengingatkan jamaah agar ibadah yang dikerjakan tidak sia-sia.
Guru SKI alumni Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang berpesan untuk ikhlas dalam beribadah kepada Sang Maha Kuasa, Allah.
"Salah satu yang harus kita tingkatkan dengan mengikhlaskan seluruh amal perbuatan yang tidak mengharapkan apapun dan ridha siapapun kecuali hanya ridha Allah sehingga amal kita diterima di sisi Allah serta mendapatkan balasan berupa jannah-Nya yang penuh dengan kenikmatan," terangnya.

Ia juga menegaskan bahwa ketika sesorang sudah berlaku ikhlas dalam beribadah, maka akan meninggalkan perkara riya.

Muhajir mendefenisikan riya dengan mengutip perkataan salah satu ulama terkemuka, Syaikh Utsaimin.

"Jamaah Jumat yang dirahmati Allah, Syaikh Utsaimin mengartikan riya sebagai ibadahnya seseorang kepada Allah, akan tetapi ia melakukan dan membaguskannya supaya dilihat dan dipuji oleh orang lain," ungkapnya.

Beberapa dalil juga dipaparkan dalam khutbahnya. Salah satu adalah hadits Nabi yaitu yang diriwayat Imam Ahmad.

"Sesungguhnya yang paling aku khawatirkan atas kalian adalah syirik kecil. Mereka bertanya: Apa itu syirik kecil wahai Rasulullah? Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menjawab: Riya, Allah azza wajalla berfirman kepada mereka pada hari kiamat saat semua manusia diberi balasan atas amal-amal mereka: Temuilah orang-orang yang dulu kau perlihatkan amalmu kepada mereka di dunia, lalu lihatlah apakah kalian menemukan balasan disisi mereka?”" tegasnya.

Di akhir, ia mengajarkan harapan agar ibadah tidak sia-sia.

Ya Allah, sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari menyekutukan-Mu dengan sesuatu yang kami ketahui dan kami meminta ampun kepada-Mu terhadap apa yang tidak kami ketahui, Hadits Riwayat Ahmad," ujarnya.


(Inmas_MAN Ende)

Tinggalkan Komentar