(0381) 21642
info@manende.sch.id, crewmanende@gmail.com

Berita

Madrasah Aliyah Negeri Ende

  • Khatib Jumat Semangati Generasi Muda
21,
Khatib Jumat Semangati Generasi Muda

MAN Ende (Inmas) - Shalat Jumat (19/01/2018) di masjid Ulul Albab MAN Ende diisi khutbah yang disampaikan oleh Mohd. Isnainim, guru Bahasa Arab di hadapan ratusan jamaah.


Ia mengangkat tema "Pelajar Calon Pemimpin Masa Depan" yang isinya membangkitkan semangat kepada generasi muda terutama pelajar MAN Ende yang mengikuti shalat Jumat.


"Di tanganmulah wahai generasi muda segala urusan bangsa. Dalam langkahmu tertanggung masa depan kehidupan bangsa. Oleh karena itu, melangkahlah kalian bagaikan seekor harimau yang gagah berani, yang tidak pernah mundur setapak pun." ungkapnya menerjemahkan perkataan ulama besar Lebanon, Syaikh Musthofa al-Ghulaiyaini.


Isnainim yang beberapa waktu lalu melepas masa lajangnya membagikan cara-cara agar generasi muda dapat memanfaatkan kemampuan yang dimiliki.


"Empat usaha nyata untuk mengembangkan kualitas kaum muda yaitu, mematangkan spiritualitas kaum muda, memotivasi pelajar agar tidak berhenti mencari ilmu, menanamkan keluhuran akhlak, dan membekali pelajar dengan aneka keterampilan dan keahlian," ujarnya.


Alumni Pondok Modern Gontor ini juga mengajak generasi menelusuri kisah-kisah agung saat para Nabi masih berusia muda.


"Pernahkah kita memerhatikan, ternyata kebanyakan kisah para Nabi yang agung dilakukannya ketika masih muda. Kisah Nabi Ibrahim muda yang mengajak kaumnya berlogika menemukan Tuhan Yang Maha Esa, kisah Nabi Yahya muda yang semenjak kecil dikaruniai hikmah dan kebijaksanaan, kisah Nabi Yusuf  muda yang menjadi pejuang kebenaran, kisah Ismail muda yang begitu hebat meyakini perintah Allah dan taat kepada ketentuan-Nya, dan beberapa kisah muda para Nabi, tegasnya dari atas mimbar.


Saat ditemui seusai shalat Jumat, ia membenarkan khutbahnya agar memotivasi siswa-siswi yang merupakan generasi muda.


"Khutbah yang saya sampaikan tadi memang niatnya untuk mengajak siswa-siswi menjadi generasi muda yang bermanfaat untuk agama, dengan Indonesia," jelasnya.


Inmas_MAN Ende

Tinggalkan Komentar