(0381) 21642
info@manende.sch.id, crewmanende@gmail.com

Berita

Madrasah Aliyah Negeri Ende

  • Kepala MAN Ende Buka Kegiatan Perkemahan Pengukuhan Bantara dan Laksana
23,
Kepala MAN Ende Buka Kegiatan Perkemahan Pengukuhan Bantara dan Laksana

MAN Ende (Kemenag) --- Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Ende, H. Tahrun Thalib membuka kegiatan perkemahan pengukuhan bantara dan laksana Pramuka, gugus depan (gudep) Ali bin Abi Thalib-Fatimah Az Zahra (04.007-04.008) pangkalan Madrasah Aliyah Negeri Ende Tahun Pelajaran 2024/2025 di bumi perkemahan Wolomere, kel. Lokoboko, kec. Ndona, kab. Ende, Jum'at (19/7/2024) sore hari waktu setempat.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya bapak/ibu guru selaku pembina, para tokoh adat dan tokoh masyarakat Wolomere beserta para peserta calon Bantara dan laksana pramuka MAN Ende.

Dalam sambutannya, H. Tahrun Thalib menyampaikan apresiasi kepada panitia yang telah melaksanaka kegiatan pembukaan tersebut.


"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia sekaligus para pembina yang telah melaksanakan kegiatan pembukaan. Saya mengharapkan kegiatan perkemahan pengukuhan bantara dan laksana Pramuka, gugus depan (gudep) Ali bin Abi Thalib-Fatimah Az Zahra (04.007-04.008) pangkalan Madrasah Aliyah Negeri Ende Tahun Pelajaran 2024/2025 di bumi perkemahan Wolomere selama tiga hari kedepannya yakni dari hari Jum'at sampai dengan hari Minggu, 19-21 Juli 2024 dapat berjalan dengan sukses," harap H. Tahrun.

Sementara itu, Maful Musa selaku ketua panitia pelaksana menyampaikan latar belakang pelaksanaan kegiatan perkemahan.
"Point' penting yang menjadi latar belakang pelaksanaan kegiatan perkemahan pengukuhan bantara dan laksana Pramuka, gugus depan (gudep) Ali bin Abi Thalib-Fatimah Az Zahra (04.007-04.008) pangkalan Madrasah Aliyah Negeri Ende Tahun Pelajaran 2024/2025 adalah sebagai bentuk peningkatan pengetahuan wawasan dalam kepramukaan khususnya pramuka penegak yang akan menjalani proses kenaikan tingkatan yakni bantara dan laksana, dengan berlatih dan bekerja untuk merealisasikan ilmu pramuka yg telah miliki sehingga pramuka penegak pantas mendapatkan pangkat bantara dan laksana. Oleh karena itu, bantara dan laksana yang akan disematkan mesti dikukuhkan dalamnkegiatan perkemahan," terang Maful.

Maful juga menyampaikan jumlah peserta dan beberapa kegiatan perkemahan selama tiga hari kedepannya.

"Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 80 orang. Inshaa Allah para peserta akan didampingi oleh pembina sebanyak  12 orang. Perkemahan selama tiga hari kedepannya konten dasarnya pengembaraan diantaranya: 1) perjalanan pengembaraan, 2) pembukaan perkemahan, 3) malam materi, 4) jurit malam, 5) outbond, 6) pelantikan laksana dan bantara, kemudian 7) Ada malam puncak api unggun, dan 8) upacara penutupan perkemahan," urai Maful.

Penulis: Zulkasim A. Jenggo
Foto: Zul/Farah/Aan

Tinggalkan Komentar