(0381) 21642
info@manende.sch.id, crewmanende@gmail.com

Berita

Madrasah Aliyah Negeri Ende

  • Kelbes MAN Ende Laksanakan Apel Peringatan Hari Santri Ke-10
22,
Kelbes MAN Ende Laksanakan Apel Peringatan Hari Santri Ke-10

MAN Ende (Kemenag) --- Keluarga besar (kelbes) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Ende melaksanakan apel Peringatan Hari Santri Nasional ke-10 tahun 2024, Selasa (22/10/2024) di lapangan Upacara MAN Ende. Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya para Wakil Kepala Madrasah (Wakamad), jajaran dewan guru, bapak/ibu pegawai Tata Usaha (TU), seluruh siswa/i kelas X, XI dan XII.

Asnah Wati selaku pembina apel, membacakan sambutan Menteri Agama, Nasarudin Umar di hadapan seluruh peserta Apel agar para santri memperkuat komitmen dalam merengkuh masa depan dan mewujudkan cita-cita bangsa.


“Saudara-saudara santri di manapun berada, masa depan Indonesia ada di pundak kalian. Maka, saya berharap Hari Santri tahun 2024 ini juga menjadi momentum untuk memperkuat komitmen kita semua, khususnya para santri dalam merengkuh masa depan dan mewujudkan cita-cita bangsa. Santri harus percaya diri karena santri bisa menjadi apa saja. Santri bisa menjadi presiden, dan kita punya presiden yang berlatar belakang santri, yaitu KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Santri juga bisa menjadi wakil presiden, dan kita punya wakil presiden berlatar belakang santri, yaitu KH. Ma’ruf Amin. Banyak menteri yang berlatar belakang santri. Banyak pengusaha berlatar belakang santri. Banyak birokrat berlatar belakang santri. Sekali lagi santri bisa menjadi apa saja. Asalkan terus berjuang, terus berusaha, dan tidak menyerah. Semua pasti bisa diraih. Seperti pepatah yang diajarkan di pesantren, “man jadda wajada”, barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil. Maka kepada para santri saya berpesan, “Rengkuhlah masa depan dengan semangat dan ketekunan. Kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Teruslah berinovasi dan berkontribusi untuk meraih kegemilangan masa depan Indonesia.” tegas Nasarudin Umar.


Di akhir pembacaan sambutan dari Menteri Agama, Asnah Wati  menegaskan agar seluruh peserta didiknya untuk mendirikan sholat.

“Setelah mendengarkan pembacaan sambutan dari Menteri Agama yang begitu luar biasa, hati kalian pasti tergugah tetapi satu yang perlu kalian ingat, sehebat apapun kalian, dirikanlah sholat”, tegas Wati.  

Penulis: Zulkasim A. Jenggo

Foto: Tika Abdul Azis 

Tinggalkan Komentar